Selasa, 08 Oktober 2013

Tutorial membuat buku di Ms.word

  1. Buka Microsoft word.
  2. Klik insert kemudian pilih cover page untuk cover buku. Klik cover sesuai yang di inginkan serta tuliskan identitas atau keterangan lain pada cover tersebut.
  3. Untuk menambahkan word baru, pilih insert kemudian klik blank page.
  4. Kemudian buatlah daftar isi, bisa dengan cara pilih references lalu table of contents, klik sesuai yang di inginkan contohnya manual table.
  5. Lalu tulislah daftar isi sesuai isi buku tersebut.
  6. Membuat isi buku yang di inginkan.
  7. Jika ingin menambahkan gambar, pilih insert kemudian klik picture dan pilih gambar yang telah tersimpan atau bisa dengan copy image dari gambar kemudian paste di ms.word.
  8. Jika ingin membuat isi buku menjadi 2 ( dua ) kolom, pilih page layout kemudian klik column two.
  9. Untuk menambahkan tabel, pilih insert kemudian klik table lalu sesuaikan jumlah tabel yang akan di buat.
  10. Jika ingin menambahkan tanda titik, angka atau gambar lain, pilih home lalu klik bullet untuk simbol dan gambar lainnya atau klik numbering untuk menambahkan angka atau huruf.
  11. Untuk menambahkan atau membuat rumus-rumus, pilih insert kemudian klik equation.
  12. Jika ingin menambahkan bayang tulisan pada lembaran setiap buku atau agar isi buku tidak sembarangan dicopy oleh orang lain, pilih page layout kemudian klik watermark lalu pilih sesuai yang diingkan dan jika ingin menuliskan tulisannya klik custom watermark lalu pilih text watermark.
  13. Untuk memperjelas bab dengan memperbesar satu huruf di awal paragraf, pilih insert kemudian klik drop cap yang di inginkan.
  14. Untuk memberikan penjelasan atau arti kata dari kalimat di isi buku yang kurang di mengerti oleh pembaca, blok kata / kalimat yang ingin di beri penjelasan, pilih references lalu klik insert footnote kemudian tulis penjelasannya di bawah lembaran atau paling bawah lembaran yang telah muncul.
  15. Untuk menambahkan halaman pada buku, pilih insert kemudian klik header untuk menambahkan keterangan bagian atas dan footer untuk menambahkan halaman bagian bawah.
  16. Tambahkan daftar pustaka jika perlu.
  17. Tambahkan biografi / riwayat hidup penulis pada akhir buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar